Monday, 21 November 2016

MAKANAN UNTUK PEMAIN BASKET

MAKANAN UNTUK PEMAIN BASKET?

Pernah ga sih lihat pemain-pemain NBA yang badannya gedeeee pakai banget, dengan otot kekar dan stamina nya yang rasanya ga habis-habis? Pastinya pernah dong ya.

Pernah ga terlintas di pikiran teman-teman, gimana sih mereka bisa kayak gitu?

Diluar dari kondisi bawaan lahir dan keturunan, ternyata pola makan pemain-pemain tersebut juga memegang andil besar loh! Pemain basket Pro biasanya akan menjalani yang namanya Basketball Diet yang diawasi oleh ahli nutrisi di dalam setiap tim. Jadi, tidak asal makanan yang boleh masuk ke dalam perut para pemain, hal ini dikarenakan untuk mencapai performa maksimal, seorang atlet harus mengkonsumsi asupan gizi yang cukup dan baik, bukan nasi+kerupuk ya guys hehehe

Inti dari Basketball Diet ini adalah pemain mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan rendah lemak. Berikut adalah pola makan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para pemain basket :

MAKANAN TINGGI PROTEIN



   
Protein sangat berguna dalam membantu menambah massa otot dan perkembangan otot yang lebih baik, tapi bukan berarti sekali makan itu berlebihan yak. Makan saja secukupnya guys ;)

Makanan tinggi protein yaitu :

Protein Nabati :
-Gandum
-Brokoli
-Kacang Kedelai
-Almond,dsb

Protein Hewani :
-Ikan
-Dada Ayam
-Daging Sapi
-Telur
-Susu Sapi
-Keju,dsb

SAYUR-SAYURAN DAN BUAH-BUAHAN

Sayur dan buah merupakan makanan yang wajib dikonsumsi oleh seorang atlet basket. Mengapa? Karena sayur dan buah merupakan sumber gizi bagi seorang atlet. 

Setiap hari seorang atlet harus mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Boleh berbentuk salad atau dikombinasikan dengan cara masak lainnya, maaf bukan chef soalnya, jadi ga tau gimana cara masaknya hehehe

SARAPAN

Para atlet Basket Pro biasanya mengkonsumsi sarapan pagi. Hal ini merupakan kebiasaan yang sangat baik, karena biasanya kalau kita ga sarapan pagi, sekalinya laper, bakalan brutal banget makannya. Itu yang sangat tidak dianjurkan, karena pastinya akan menambah lemak di tubuh dan akan berdampak ke performa kamu dalam bermain basket. Berat badan bertambah.

Makanan yang dianjurkan untuk sarapan, ga perlu yang berat sih. Cukup yang ringan, asalkan mengisi perut dan untuk energi beraktivitas. Misalnya :
-Telur ( bisa yang matang ataupun scrambled egg)
-Roti Gandum
-Pisang
-Susu Sapi
-Keju
-dsb

MAKANAN SEBELUM DAN SESUDAH LATIHAN

Kapan waktu yang tepat untuk makan sebelum latihan? Dianjurkan 3-4 jam sebelum latihan lo konsumsi makanan , makanan disini bisa berupa sandwich ayam, roti, jus buah-buahan, ngemil juga boleh. Intinya makanan ringan itu yang tinggi gizi dan bukan junk food atau fast food yak.
Kalau udah dekat waktunya, atau misalnya sejam lebih lagi , lo boleh minum jus buah aja, susu bahkan yoghurt. Keju juga merupakan pilihan yang boleh tuh. Intinya, NO JUNK FOOD. It's not good for your health as a basketball player.

Setelah latihan, lo boleh makan-makanan tinggi protein kembali untuk recovery otot-otot yang udah bekerja keras sepanjang latihan.

ISTIRAHAT

Biarpun ini bukan merupakan pola makan, namun pola istirahat juga merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi performa seorang atlet basket. Dengan istirahat yang cukup, seorang atlet akan memiliki cukup energi dan fokus selama latihan dan bertanding. Jadi, jangan dibiasakan begadang ya guys!

Demikianlah pola makan pemain-pemain basket pro yang bisa kalian ikutin untuk menunjang performa basket kalian. Semoga bermanfaat yak!







No comments:

Post a Comment